Kenalan Dengan si Variabel, Salah Satu Komponen Penting Dalam Pemrograman



Secara umum, variabel adalah suatu simbol atau lambang yang mempunyai nilai. Di dalam pemrograman, variabel termasuk kedalam pengenal atau identifier. Secara teknis dalam demrograman yang dimaksud dengan variabel adalah area tempat di dalam memory komputer yang isinya dapat diubah ubah. Variabel merupakan hasil penerjemahan dari dua kata yaitu Vary yang berarti variasi atau bermacam-macam atau berubah-ubah, dan Able yang yang berarti dapat.

Variabel harus diberi nama yang berbeda satu dengan lainnya. Setiap variabel mempunyai alamat tersendiri di dalam memori. Dengan demikian pengguna komputer cukup menyebutkan nama variabel tempat menyimpan data , maka komputer dapat menemukan alamat variabel atau alamat data tersebut di dalam memory.

Nama dari sebuah variabel dapat di tentukan sendiri oleh si pembuat variabel asalkan tidak melanggar aturan pemrograman dan memenuhi syarat-syarat sebagai berikut :

  1. Tidak boleh sama dengan nama atau kata yang sudah disiapkan oleh komputer (reserved word) seperti keyword dan functions. Juga harus berbeda dengan nama label atau konstanta yang dibuat oleh programmer.
  2. Maksimum panjang nama dari sebuah variabel adalah 32 karakter. Bila lebih dari 32 karakter maka karaker karakter yang selebihnya tidak diperhatikan oleh komputer. Huruf besar dan huruf kecil juga di anggap berbeda dalam penulisan nama variabel.
  3. Karakter pertama harus huruf atau karakter garis bawah (under score) dan karakter berikutnya boleh huruf atau angka atau karakter garis bawah.
  4. Tidak boleh mengandung spasi atau blank.

0 Comment "Kenalan Dengan si Variabel, Salah Satu Komponen Penting Dalam Pemrograman"

Post a Comment