Yang Harus Kamu Tau Sebelum Menjalankan Program di Komputer



Program yang kita ketik ke komputer biasa disebut program sumber atau program asal (source program). Program sumber ini harus diterjemahkan kedalam suatu bahasa yang dimengerti oleh komputer yang disebut Bahasa Mesin (machine language). Karena kita membahasa tentang pemrograman dalam bahasa C maka untuk menerjemahkan program yang dibuat kedalam bahasa mesin dibutuhkan software yang disebut sebagai C compiler.

Compiler C atau Compiler Bahasa C adalah software yang dibuat oleh suatu perusahaan, yang digunakan untuk menuntun pengetikan program dan sekaligus untuk menerjemahkan program menjadi bahasa mesin.  Ada banyak compiler C yang bisa dipakai oleh seorang programmer bahasa C diantaranya ada Turbo C++ buatan borland, C, Microsoft C dan Microsoft C++ yang dibuat oleh Microsoft Co dan masih banyak lagi.

Untuk dapat lebih memahami proses pengetikan program sumber, proses penerjemahan dan pelaksanaan program di komputer, perlu dipahami perangkat yang ada di komputer melalui salah satu definisi komputer yang diberikan oleh salah satu literatur sebagai berikut :

Komputer adalah alat pengolah data, dengan konstruksi elektronik, yang mempunyai internal storage, bekerja dengan bantuan operating system menurut program yang diberikan kepadanya. 

Komputer hanya dapat bekerja dengan bantuan dan kendali dari sebuah Sistem Operasi. Operating System (Sistem Operasi) adalah software yang digunakan untuk mengendalikan semua pekerjaan yang dilakukan oleh komputer. Salah satu contoh sistem operasi yang banyak dipakai oleh orang orang di seluruh dunia adalah Microsoft Windows. Selain itu ada juga Macintosh dan Linux. 

0 Comment "Yang Harus Kamu Tau Sebelum Menjalankan Program di Komputer"

Post a Comment