Mengenal Algoritma dalam Pemrograman



Algoritma pada dasarnya adalah alur pikiran dalam menyelesaikan suatu pekerjaan, yang dituangkan dalam bentuk tulisan yang dapat di mengerti oleh manusia. Yang di tekankan disini adalah alur pikiran. Alur pemikiran seseorang dapat berbeda antara satu orang dengan orang yang lainnya sehingga dalam algortima dapat dimungkinkan ada berbagai metode penyelesaian untuk suatu kasus namun tujuan akhir dari metode tersebut masih tetap sama yaitu untuk memecahkan masalah tersebut. Dalam bentuk tertulis / tulisan maksudnya sebuah algoritma dapat berupa narasi dalam bentuk kalimat, dapat juga berbentuk gambar atau bagan, atau dalam bentuk tabel.

Dalam pembelajaran algoritma, direncanakan bahwa yang akan melaksanakan alur pemikiran tadi adalah komputer. Komputer memang dirancang untuk dapat menerima dan melaksanakan perintah yang diberikan oleh manusia. Perintah tersebut dapat diberikan dalam bentuk kumpulan instruksi-instruksi yang disebut Program. 

Program ditulis dalam suatu bahasa yang disebut bahasa pemrograman (Programming Lnguage) seperti bahasa COBOL , bahasa BASIC, bahasa PASCAL, bahasa C, bahasa JAVA, dan masih banyak lagi bahasa pemrograman lainnya. Dari berbagai macam bahasa pemrograman yang ada tersebut beberapa memiliki kemiripan bahkan hampir sama dalam penulisan instruksi nya tetapi juga ada yang berbeda dari lainnya.

Dari uraian diatas dapat dimengerti bila penulisan algoritma yang kita baca dari buku-buku literatur walaupun beberapa memiliki perbedan tetapi intinya tetap sama yaitu untuk mendekatkan pembacanya tentang bagaimana untuk menuliskan bahasa pemrograman yang bentuknya umum.

Sebuah algoritma harus memiliki kriteria sebagai berikut :
  1. Ada atau tidak ada data yang dimasukkan dari luar
  2. Paling tidak ada satu buah keluaran (output)
  3. Setiap instruksi jelas maksudnya dan hanya mempunyai satu arti
  4. Algoritma secara keseluruhan maupun sebagaian apabila di telusuri haruslah memiliki sebuah titik henti / akhir
  5. Setiap instruksi selain jelas juga harus dapat dilaksanakan dan juga efektif dalam arti harus menghasilkan sesuatu.

Referensi : Buku Algoritma dan Struktur Data Edisi ke 9 Karya Moh. Sjukani

0 Comment "Mengenal Algoritma dalam Pemrograman"

Post a Comment